APA ITU HPL ( High Pressure Laminate )

APA ITU HPL ?

 

HPL merupakan singkatan dari High Pressure Laminate adalah High Pressure Laminate (HPL) yaitu laminasi dengan tekanan tinggi yang merupakan salah satu bahan finishing umum digunakan dalam produk mebel dan permukaan interior biasanya digunakan untuk melapisi media .

Contoh: Multipleks, Blok board, Harbot ataupun MDF.

Sekitar tahun 2000 an keatas HPL sangat banyak digunakan karena motif serta harganya yang tidak begitu menguras kantong. Saat ini HPL sangat sering kita lihat mulai dari meja belajar, Tempat tidur, Kichen set, Wardrobe atau Lemari Pakaian dan lain sebagainya.

 

APAKAH HPL BISA UNTUK DINDING?

HPL Laminate juga bisa Anda gunakan sebagai material pelapis dinding. Selain sebagai pelapis akhir dari furniture, HPL Laminate seringkali direkomendasikan oleh para arsitek dan juga desainer interior, terlebih jika Anda menginginkan tampilan alami dari kayu

HPL TERBUAT DARI BAHAN APA ?

Bahan dasar dari HPL adalah serbuk atau serat kayu, beberapa lapisan kertas, dan perekat berupa resin.

 

BERAPA UKURAN HPL PERLEMBAR ?

Ukuran HPL per lembar memiliki panjang 122 – 244 cm dan lebar 120 cm. Sedangkan untuk ketebalan HPL berkisar antara 0.5 sampai dengan 1.5 mm. Ukuran taco HPL ini kurang lebih sama dengan ukuran triplek di pasaran.

 

KELEBIHAN HPL

 

1. Beragam Corak

HPL memiliki bermacam ragam corak dan warna permukaan yang dapat kita gunakan, dan dari berbagai ragam tersebut yang paling banyak merupakan corak dan warna kayu berbagai jenis. Ada pula warna dan kesan metalik.

 

2. Anti Gores

HPL memiliki kelebihan yaitu cukup anti gores dan anti air. Tidak seratus persen anti gores, namun memang material ini kuat berkat bahan utamanya yang merupakan plastik keras PVC dengan permukaan bertekstur.

 

3. Bersih, Mudah, dan Cepat

HPL memiliki kelebihan berupa pengerjaan yang lebih bersih daripada menggunakan cat duco atau sanding, karena material ini di lem pada multipleks. Bagi pengrajin meubel dan furniture multipleks, material ini memiliki keunggulan proses pengerjaan yang mudah dan tidak meninggalkan sampah serta cepat

 

4. Mudah dibersihkan

Anda tinggal menggunakan cairan pembersih ruangan biasa untuk membersihkan permukaan HPL.

 

 

KEKURANGAN HPL

 

1. Tidak dapat Digunakan untuk Bidang lengkung kecil

Pengerjaan dengan HPL menyulitkan atau bahkan tidak mungkin untuk membuat bidang yang lengkung terlalu kecil, misalnya sudut lengkung dengan jari-jari 5cm.

 

2. Pemotongan HPL Tidak Rapi

Pemotongan HPL yang kurang sempurna akan mengakibatkan terlihat adanya lapisan ketebalan HPL dan banyak pula kasus HPL terlihat kurang rapi pada sudut-sudutnya.

 

3. Kurang Flexible

Secara fisik HPL sangat keras, tingkat flexibelnya rendah dan mudah patah sehingga jika tidak hati-hati akan meningkatkan biaya produksinya.

 

PENGAPLIKASIAN & CARA PASANG HPL

Pada umumnya HPL hampir bisa diaplikasikan di furniture dengan permukaan datar apa pun seperti kabinet kitchen, lemari baju, lemari TV, meja kantor, dipan, nakas, dan partisi ruangan atau backdrop dinding.

HPL juga bisa di gunakan untuk permukaan yang lengkung. Namun jika lengkungan terlalu kecil atau extrem maka biasanya HPL akan patah karena sifatnya yang cukup kaku.

Bahan dasar untuk menempelkan HPL kebanyakan adalah multiplex atau blockboard.

Cara menempelkanya relatif mudah :

  1. Anda hanya perlu melapisi permukaan HPL dan triplek dengan lem kuning.
  2. Lalu tunggu sampai ke-2 permukaan cukup kering, lalu tempelkan HPL ke permukaan triplek secara perlahan-lahan.
  3. Gosok dan tekan permukaan HPL dengan potongan triplek kecil yang dilapisi dengan kain agar menempel dengan rata

Jadi apa anda sudah paham apa itu HPL? Mestinya sudah.

Semoga dengan pembahasan ini anda akan lebih mudah memutuskan jenis finishing yang cocok untuk interior dan furniture anda.